Setelah melakukan first ride Yamaha Byson beberapa waktu yang lalu, pertanyaan selanjutnya adalah kapan motor sport baru Yamaha ini meluncur dan berapa harganya. “Waktu launching bisa dipastikan setelah hari raya Idul Fitri,” buka Paulus Sugih Firmanto, GM Promotion and Motorsport Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI). Atau sekitar awal bulan Oktober mendatang.

Kalau urusan harga bakal dijual berapa ya? “Kalau harga belum diputuskan 100%. Yang pasti kita mengincar pasar di bawah harga Rp 20 jutaan,” lanjutnya. Menurut pria yang berkantor di Pulo Gadung, Jakarta Timur ini ceruk pasar di bawah Rp 20 juta masih terbuka lebar.

Tapi ketika dikonfirmasi tentang hadirnya New Mega Pro, Paulus meyakinkan bahwa harganya tidak akan lebih mudah dari motor sport baru Honda itu. “Urusan harga, kita lebih rasional. Sesuai dengan ongkos produksi nantinya,” lanjutnya lagi. Bila Honda New Mega Pro tipe casting wheel dijual Rp 19,5 juta dan Byson akan bermain di bawah Rp 20 jutaan. Artinya harga Byson hanya akan selisih beberapa ratus ribu lebih mahal dari New Mega Pro.

yamaha Byson

Namun bila menilik fiture yang ditawarkan seperti speedometer yang sudah full digital, suspensi depan berukuran besar, pelek dan ban gambot. Dipastikan harganya yang sedikit lebih mahal dari New Mega Pro tetap akan membuat Byson mampu bersaing di pasaran.

Sebenarnya kedua motor sport ini sudah lebih dulu muncul di India. Secara spesifikasi mesin, tidak jauh berbeda. Sama-sama mengusung mesin 150cc SOHC dua klep dan berpendingin udara, karburatornya juga sudah sama-sama dilengkapi dengan Throttle Position Sensor (TPS).

Advertisements