Markas Besar Kepolisian RI di Jalan Trunojoyo pagi ini, Selasa 10 Agustus 2010, dijaga ketat menyusul penahanan Ustad Abubakar Ba’asyir yang dikenai dugaan terlibat terorisme. Sekitar 10 anggota polisi berseragam lengkap — memakai helm, rompi antipeluru, dan senjata laras panjang berjaga di pintu gerbang belakang Mabes Polri, di dekat Departemen Pekerjaan Umum, yang biasa jadi tempat keluar masuk.

Di depan Mabes, diselenggarakan apel yang diikuti lebih dari 100 anggota polisi.  Penjagaan ketat yang  juga disiagakan di sekitar Gedung Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Polri, tempat Ba’asyir ditahan. Selain itu juga di depan halaman Mabes – polisi anti huru hara, lengkap dengan helm dan tameng bersiaga untuk menghalau massa.

Menurut informasi yang beredar, akan ada anggota  Jamaah Anshorut Tauhid (JAT) yang datang ke Mabes. Seperti diketahui Abubakar Ba’asyir adalah pimpinan JAT. Hingga saat ini belum ada konfirmasi dari Polri terkait pengetatan keamanan di lingkungan sekitar Mabes Polri.

Sebelumnya, anggota Tim Pengacara Muslim (TPM), Ahmad Kholid mengungkapkan, hari ini anggota Forum Umat Islam (FUI) akan mendatangi Mabes Polri.  “Dari FUI akan besuk [Ba’asyir] ramai-ramai sekitar pukul 10.00 WIB.